Pelayanan Petugas Kereta Api Selema Pandemi Covid-19

Pelayanan Petugas Kereta Api Selema Pandemi Covid-19

Kereta api menjadi salah satu transportasi terfavorit beberapa orang untuk berpergian. Lalu bagaimana keadaan transportasi ini saat pandemi Covid-19? Tidak hanya kereta saja yang merasakan dampak pandemi ini melainkan seluruh transportasi yang biasanya digunakan untuk berpergian merasakan dampaknya. Setelah muncul wabah virus corona ini membuat pihak PT KAI menerapkan protokol kesehatan yang sudah sesuai dengan peraturan demi meminimalisir terjadinya penyebaran virus corona semakin meluas. Pelayanan petugas KAI semakin ketat selama pandemi Covid-19 dan telah mengikuti peraturan yang ada. Lalu apa saja pelayanan yang diberikan oleh petugas KAI? Langsung saja simak penjelasannya.

Pelayanan Petugas Kereta Api Selema Pandemi Covid-19Pelayanan yang diberikan petugas di era new normal ini adalah pembelian tiket kereta secara online. Demi mengurangi adanya keramaian maka pembelian tiket secara online menjadi pilihan yang paling tepat untuk dilakukan. Selain itu seluruh pertugas yang berhubungan dengan penumpang kereta seperti pertugas loket, petugas boarding, customer service, kondektur, pramugari, polsuska,  dan petugas kebersihan semua petugas tersebut dilengkapi dengan APD. Para petugas menggunakan masker, face shield, dan juga menggunakan sarung tangan. Mengurangi kontak langsung dengan para calon penumpang menjadi hal yang diterapkan oleh petugas kerata api demi mengurangi angka penularan Covid-19.

Demi membuat fasilitas yang ada di stasiun tetap steril maka para petugas juga rajin membersihkan fasilitas tersebut menggunakan cairan disinfektan. Pelayanan KAI juga diperketat dengan disediakannya wastafel dan handsanitizer untuk menjaga kebersihan bagi siapa saja yang ada di lingkungan stasiun. Petugas juga sering mengingatkan para calon penumpang untuk selalu mencuci tangan, membawa handsenitizer sendiri, dan pastinya mengingatkan untuk selalu jaga jarak. Bahkan jika ada calon penumpang yang merasa tiba – tiba sakit bisa segera melapor pada petugas yang berjaga agar mendapatkan penanganan khusus.

Pemandangan naik kerata juga berbeda sebelum adanya pandemi Covid-19. Ketika anda berpergian menggunakan kerata api maka ada jarak yang harus dijaga agar tidak berdekatan dengan oramg lain. Jaga jarak menjadi hal yang paling penting untuk diterapkan di tengah wabah virus corona ini. Petugas PT KAI memberikan pelayanan yang sudah sesuai dengan protokol kesehatan. Itulah beberapa layanan yang mulai diterapkan oleh petugas KAI ketika bertugas di tengah pandemi virus corona. PT KAI juga menyediakan layanan kereta KLB yang dioperasikan khusus ditengah pandemi Covid-19.

READ  Bedanya Pembelian Tiket Kereta Api Offline dan Online

Berpergian menggunakan kerata kini menjadi lebih aman mengingat pelayanan sudah sesuai dengan protokol kesehatan. Sebelum memasuki area stasiun para calon penumpang harus diperiksa suhu badannya. Ketika subu badan lebih dari 37.3°C maka tidak diperbolehkan untuk masuk ke area stasiun. Menggunakan masker menjadi hal wajib selama di stasiun maupun ketika melakukan perjalajan selama ada di dalam kereta api.